Perpanjang Paspor Online (Jan 17)

Sebetulnya sudah banyak juga yang menulis mengenai perpanjangan paspor online, tetapi ada beberapa informasi tambahan yang kurang jelas pada saat saya mengikuti bahan-bahan yang saya baca dari browsing, semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang berencana memperpanjang paspor online.

Perpanjangan paspor online saya di wilayah kantor imigrasi Jakarta xxx. Jadi untuk luar kota saya kurang paham yah.

Per Desember 2016 saat saya mendaftar untuk perpanjangan paspor online, buku paspor yang bisa diperpanjang secara online adalah paspor biasa 48 halaman. Ada buku paspor yang 24 halaman, seharusnya biaya lebih murah tapi tidak bisa online. Untuk perpanjangan paspor online 48 halaman, biaya yang dikeluarkan adalah 355 ribu.

Adapun cara-cara nya:

  1. Klik link ini: https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml
  2. Pada komputer saya muncul tulisan:

    Your connection is not private

    Attackers might be trying to steal your information from ipass.imigrasi.go.id (for example, passwords, messages, or credit cards).

  3. Klik Advanced. Lalu muncul seperti ini:This server could not prove that it is ipass.imigrasi.go.id; its security certificate expired 135 days ago. This may be caused by a misconfiguration or an attacker intercepting your connection. Your computer’s clock is currently set to Monday, January 16, 2017. Does that look right? If not, you should correct your system’s clock and then refresh this page.

    Proceed to ipass.imigrasi.go.id (unsafe)

  4. Klik Proceed to ipass.imigrasi.go.id (unsafe)
  5. Muncul seperti iniScreen Shot 2017-01-16 at 3.18.50 PM.jpg
  6. Pilih yang tengah: Pra Permohonan Personal
  7. Muncul seperti iniScreen Shot 2017-01-16 at 3.21.43 PM.jpg
  8. Diisi sesuai dengan data yang ada.
  9. Setelah selesai pengisian kita akan mendapatkan email berisi biaya yang harus dibayar.
  10. Email saya print dan saya membayar melalui konter bank BNI (karena di web yang saya baca, maaf web nya lupa apa, ybs bayar melalui BNI).
  11. Setelah membayar melalui BNI, saya mendapatkan bukti bayar (2 lembar). Jika hanya dapat 1 lembar, jangan lupa di fotokopi karena perlu 2.
  12. Masuk kembali ke email yang kita terima, klik link yang ada di email tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa kita sudah membayar dan memilih jadwal untuk foto dan pembuatan paspor.
  13.  Setelah itu saya mendapatkan email kembali yang isi nya lampiran form yang harus diisi dan dibawa saat pembuatan paspor di hari yang saya pilih.
  14. Dokumen yang harus disiapkan dan dibawa pada hari H sbb:
    1. Paspor lama dan fotokopi halaman depan dan belakang
    2. Akte lahir asli dan fotokopi akte lahir
    3. Kartu keluarga asli dan fotokopi kartu keluarga
    4. Bukti bayar dari bank (1 lembar)
    5. Print Formulir yang dikirim oleh email kedua dari imigrasi
    6. Akta nikah asli dan fotokopi (?) – yang ini baca dari web si karena saya tidak punya

Nah, pada hari H nya, saya pilih jam 8-10 untuk pembuatannya. Ternyata sampai nya mepet banget, jam 10 kurang 10 baru tiba. Untungnya antrian pembuatan paspor online sepi. Saya langsung masuk barisan. Tunggu 1 orang, lalu langsung diproses. Karena semua persyaratan sudah lengkap, langsung dapat nomor antrian untuk ambil foto.  Menunggu kurang lebih 1 jam akhirnya saya dapat giliran foto. Kata orang pakai baju nya jangan putih karena background nya putih. Ya saya turutin saja.

Selesai foto, akan dapat tanda terima. Paspor bisa diambil 5 hari kerja. Nah, saat pengambilan itu, harus bawa tanda terima dan copy bukti bayar juga. Karena saya tidak tahu terpaksa saya pulang dulu ambil copy bukti bayar dan antri lagi.

Kalau di kantor imigrasi Jakarta Barat, daftar buka untuk ambil paspor sbb:

Senin – Kamis jam 11 – 12, jam 13 – 16. Hari Jumat mulai jam 10 tapi lupa jadwal persisnya.

Nah, pertama saya datang hari Kamis sekitar jam 9 lewat. Yang antri cukup banyak, tapi karena saya tidak bawa bukti bayar dan pulang lagi, saya balik jam 12.30 an. Yang antri sedikit. Jam 1 langsung masukin tanda terima dan bukti bayar. Ga berapa lama dipanggil dikasih paspor baru. Lalu harus fotokopi paspor baru di tempat fotokopi yang ada di kantor imigrasi. Balikin fotokopi nya dan terima paspor lama. Voila….selesai sudah pengurusan perpanjangan paspor online.

Selamat mencoba. Semoga foto nya bagus yah….^^

 

 

 

Advertisements

4 responses to “Perpanjang Paspor Online (Jan 17)

      • sudah kucoba pakai firefox, chrome bahkan internet explorer (all for windows) tp tidak ada satu pun yg berhasil. padahal saya sudah menurunkan level keamanan di semua browser di laptop. bahkan ketika mau bypass security exception via firefox, pun tetap gagal. sudah coba lg via chrome for mac? X(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s